Sabtu, 06 Juni 2009

Kata-Kata Perlu Sensor

Pagi ini gue lagi nggak ada kerjaan, ol FB tapi si dia belum bales wall gue jadi yaudah karena ga ada kerjaan dan terinspirasi dasi status seseorang yang lagi ngamuk-ngamukgitu, isenglah gue nulis. Biasalah seorang penulis selalu dapet inspirasi dari lingkungan sekitar dan perlu menyalurkan idenya jadi gue pilih nulis di blog.

Akhir-akhir ini gue sering banget liat status orang di FB kata-katanya kasar gitu. Dari yang bahasa kebun binatang kayak anjing, babi, monyet dll, bahasa kasar kayak bangsat, tai, jablay dll juga sering banget gue liat (sori gue ngomong gitu ini buat contoh). Padahalkan kata-kata itu nggak bagus juga buat diucapin. Kata-kata itu ga pantes diucapin dibudaya kita yang sopan. Kata-kata itu mestinya di sensor dan gausah digunain di kehidupan sehari-hari kalau bisa.

Tapi yang nggak habis gue pikir, orang-orang nulis -kata perlu sensor- itu di tempat yang orang lain bisa liat kayak status FB, pm di MSN dan account lainnyaa.

Dalam hati gue, mereka sengaja nulis gitu untuk melampiaskan kekesalan mereka atau mereka mau orang-orang tertarik menanyakan hal yang terjadi dan jeng jeng jeng... TENAR DALAM SEKEJAP!

Okelah gue juga dulu kayak gitu, gue gamau munafik juga jadi orang yang harus diinget baiknya doang tapi kejelekannya ga boleh ada yang tau (kayak orang-orang yang suka ngomongin dari belakang tapi sok baik di depan orangnya. Malesin juga kan. Eh tapi gue juga pernah gitu sih makanya doain gue selalu jadi orang yang lebih baik dari yang sebelumnya amin), oke dilanjut lagi. Gue dulu pernah nulis di pm MSN. Gue tulis 'jablay banget lo jadi orang' gara-gara kekesalan gue memuncak banget waktu itu. Tapi dari sinilah gue sadar hal itu salah dilakuin. Jadi Asmita chat ke gue, gue inget banget kata-katanya dia.
Asmita; Deb lo ganti deh pm lo.
Gue; kenapa emang Mit, kasar banget ya?
Asmita; Iya. Kesannya kl ngomong gitu lo bukan cewek baik-baik.

Seketika itu juga gue berpikir ucapan Asmita ada benernya juga. Orang yang baik pasti akan menjaga tutur katatnya dan orang yang tidak baik tidak akan berpikir untuk menjaga tutur katanya karena mereka biasa menggunakan tutur katanya yang kasar. Dan gue juga sadar kalau gue belum tentu lebih baik dari orang itu juga. Jadi gue berhenti sebisa mungkin untuk nggak menggunakan kata kasar di tempat umum atau status dll habis selain kesannya gue bukan cewek baik-baik (walaupun ga baik yang gimana gitu juga), gue ngerasa kok gue pengecut banget ngatain orang di belakangnya.

Dan begitulah sekarang tiap liat status yang kayak gitu, gue rada miris juga. Andaikan temennya mereka kayak Asmita yang bisa ngajarin mereka tanpa banyak nasihat tapi ngena banget!

Dan disitulah gue percaya bahwa tiap orang bisa memberi kita nasihat, jangan liat tampang! Contoh si Asmita, anaknya pecicilan ga bisa diem, tapi lemes layu gitu, jalan aja kayak ketiup angin, tapi cuma dia yang bisa nyadarin gue dengan luar biasaa.

Pesen gue sih tinggalin deh budaya ngomong dan nulis kata-kata kasar karena itu NGGAK BANGET! Ini gue tulis bukan cuma ngomentarin orang-orang doang tapi buat gue juga jadi tiap gue buka blog gue jadi selalu inget untuk ga ngulangin kesalahan gue.

ps: pas banget pas gue nulis ini gue denger lagu GIGI-Ya Ya Ya, gue jadi inget asmita deeeh dia kan suka banget sama Armand hahaha tapi Mit, thanks banget ya. Walaupun lo aneh tapi lo emang inspirasi gue banget hehe LOVE YOUU

7 komentar:

  1. aduh deb, kalo ini di liat asmita bahaya nih deb.

    kalo menurut pengalaman gw sih mereka ngomong gitu sengaja emang di baca ama orang yang tertuju. alesannya bisa berbagai, bisa karena gak ketemu2 jadi geram, bisa karena takut terus mengaruhin orang lain biar byk yang dukung. gak papa itukan manusiawi, setiap orang kalo udah ampe puncaknya susah ngontrol kata2. apa lagi kalo harga dirinya di injek. pasti sakit banget.

    P.S. lo nyindir gw ceritanya ?

    BalasHapus
  2. hahahha, udah liat, ahahhahahhaaooohihihihi

    BalasHapus
  3. peggy: hahaha ngerasa tersindir? ga ada maksud nyindir loh gue haha

    asmita: jangan kegeeran lo mit

    BalasHapus
  4. hahaha :))
    itu lohhh yang waktu gw bilang "anjing" di facebook gw.
    inget gak lo ?

    asmit : kenapa mernding mit ? karena debby bilang "LOVE YOUUU" ?
    HAHAHA kocak dah ah

    BalasHapus
  5. asmita: engga ah gila aja susah payah gue buatnya. bukannya lo seneng nama lo jadi harum?

    peggy: oh iya inget, yaudah jangan ngomong gitu lagi ya nak. tidak baik hehe

    BalasHapus
  6. idih kata2 lo deeeebb. OH MY GOD ...
    Mungkin blog gw pake bahasa inggris ada untungnya juga kali yah soalnya gw nggak ngerti slangnya orang amrik.

    BalasHapus